Selasa, 17 November 2009

Alphonse Mouzon

Share
Alphonse Mouzon
drum
Charleston, Carolina Selatan, AS, 21-11-1948

Mouzon telah 'berimprovisasi' drum sejak usia 5 tahun melalui 'instrumen' kotak sabun dan kaleng-kaleng bekas. Saat ia duduk di SMA Bonds-Wilson di Charleston, ia mulai bermain dalam band sekolah arahan Lonnie Hamilton. Ia yang harus melupakan bea siswa yang dijanjikannya berkat nilai-nilai sekolahnya yang tinggi, akibat kesulitan keuangan yang menimpa keluarganya, mengawali karir pronya dengan bermain selama 10 hari bersama pemusik rock'nroll Chubby "The Twist" Checker pada tahun 1965, setahun sebelum ia lulus dan kemudian hijrah ke New York.

Di New York ia melanjutkan pendidikannya dengan mengambil jurusan medis di Manhattan Medical School, sekaligus ke sekolah seni dan musik New York City College. Untuk jurusan musiknya ia belajar drum dengan Bobby Thomas, drummer Billy Taylor pada saat itu. Sekali-kali ia pun bermain dalam kelompok Ross Carnegie's Society Band dan juga dalam orkes di bawah arahan Gil Evans. Ia pun sempat bermain dalam drama musikal Promises Promise karya Hal David dan Burt Bacharah.
Setelah sebelumnya ia bermain dalam grup-grupnya gitaris Gene McDaniels, vibraponis Roy Ayers dan vokalis Roberta Flack, tahun 1971 ia pun bergabung bersama Joe Zawinul, Wayne Shorter, Miroslav Vitous dan Airto Moreira untuk mendirikan kelompok fusion Weather Report. Ia hanya setahun bersama Weather Report dan sempat turut merilis album perdana mereka. Setelah diikuti selama setahun bermain dalam quartet dan orkes besar McCoy Tyner (turut merilis Sahara, Song Of The New World dan Enlightment), tahun 1973 ia bergabung dengan gitaris pelopor fusion Larry Coryell untuk mendirikan kelompok fusion Eleventh House.

Setelah itu semua ia pindah ke California dan mendirikan kelompoknya sendiri, sambil sesekali masih bermain bersama Larry Coryell. Al Di Meola dan George Benson, adalah gitaris-gitaris lain dengan siapa ia sering tampil bermain bersama, sebelum kemudian di tahun 1979 ia pun bergabung bersama Herbie Hancock (di antaranya merilis Mr. Hands), walau terus merilis album-album solonya yang telah ia rintis sejak awal tahun 70-an melalui album The Essence Of Mystery. Ia pun menjadi salah seorang artis rekaman Blue Note yang paling sukses dari segi komersial, melalui album-album jazz-funknya seperti Funky Snakefoot, Mind Transplant dan Man Incognito.

DISKOGRAFI:

The Drums (Impulse)
The Essence Of Mystery (Blue Note 1972)
Funky Snakefoot
Mind Transplant (Blue Note 1974)
Man Incognito (Blue Note)
Virtue (MPS)
In Search Of A Dream (MPS)
Baby Come Back (Metronome)
By All Means (Excalibur)
Morning Sun (London)
Step Into The Funk (Metronome)
Back To Jazz (Pausa 1986)
The Survivor (Tenacious)
On Top Of The World (Tenacious).

Bersama Weather Report
Weather Report (Colimbia 1971)

Bersama McCoy Tyner
Sahara (Milestone 1972)
Song Of The New World (Milestone)
Enlightment (Milestone)

Bersama Larry Coryell
Introducing The Eleventh House (1973)
Alphonse Mouzon-Larry Coryell, Back Together Again (Atlantic)

Bersama Herbie Hancock
Mr. Hands (Columbia 1980)


VIDEO:

Bersama Larry Corryell, Joey De Francesco, Alphonse Mouzon Trio | 2009


Wawancara dengan DrumChannel.com


..........
..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails