Jumat, 13 November 2009

Catatan Penyelenggaraan Pertunjukan | 2007

Share
1. Minggu, 21 Januari 2007, bekerjasama dengan Potluck coffee bar & library menyelenggarakan SUNDAY JAZZ POT, menampilkan 4 ON 6 QUINTET, GORGA & DYLAN, PINEAPPLE, TRIO SCADE & LA BELLE.
__________

2. Sabtu, 10 Februari 2007, bekerjasama dengan café Préféré 72, menyelenggarakan JAZZ ALIA; Jazz, Pop, Blues, Poetry & Alia di Préféré noodle/coffee/library, Jl. Ir. H. Juanda no. 72. Tampil di antaranya BAMBANG NUGROHO & FRIENDS, BAD BOYZ BLUES, GORGA & DYLAN, LA BELLE, PALM FROM MOODYTUNES, SEKAPUR SIRIH, SILVER STRINGS dan pembacaan puisi oleh YUNIS KARTIKA.
__________

3. Minggu, 18 Februari 2007. Bekerjasama dengan Divisi Seni & Olahraga, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum, Universitas Katolik Parahyangan, kembali diselenggarakan PARAJAZZ 2007, di Préféré noodle/coffee/library. Menampilkan di antaranya ABDUR & YOIS, BARITO, CHILL & PLAY, CONTRA INDIGO, DAUD, GORGA & DYLAN, dan QUARTET SCADE.
__________

4. Tahun 2007 ini untuk pertama kalinya, KlabJazz bekerjasama dengan Radio Oz dan Java Festival Production mengirimkan 13 buah grup asal Bandung untuk bermain di Jakarta International JAVA JAZZ FESTIVAL 2007 pada tanggal 2, 3 dan 4 Maret 2007. Yang dikirim antara lain; F.A.K.T.A., CONTRA INDIGO, PINEAPPLE, CHILL N’ PLAY, RYAN, THE SCADE PCBNB, 4 ON 6 QUINTET, LA BELLE, BAD BOYZ BLUES, MICHELLE EFFERIN QUARTET, SEKAPUR SIRIH, GORGA & DYLAN & 4 AM QUARTET.
__________

5. Bekerjasama dengan Universitas Padjadjaran dan Kementrian Negara Biro Urusan Pendidikan dan Kebudayaan Amerika Serikat (U.S. Department of State’s Bureau of Educatioanl and Cultural Affairs, dan Jazz At Lincoln Center, pada tanggal 8 Maret 2007, bertempat di Aula Sanusi Hardjadinata, Universitas Padjadjaran, menggelar kelompok jazz elektrik asal New York, ADAM KLIPPLE & DRIVE-BY LESLIE.
__________

6. Kembali bekerjasama dengan Universitas Padjadjaran, KlabJazz menyelenggarakan JAZZ FUTURE; The Future Of Jazz Piano pada tanggal 24 Mei 2007, bertempat di Aula Sanusi Hardjadinata, Universitas Padjadjaran. Menampilkan dua pianis muda Yonathan Godjali (13) dan David Manuhutu (14). Dibantu oleh pemusik jazz senior kota Bandung; Rudy Zulkarnaen (bass), Budiono W. Pranoto (drums), Boyke P. Utomo (saxophone/flute), Julianus Andreas (trumpet), dengan vokalis-vokalis Aldhiella dan Bubu, di bawah arahan musik dari Imam Pras.
__________

7. Bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Hubungan Masyarakat (FIKOM) Universitas Padjadjaran Jatinangor, menyelenggarakan JAZZ UJUNG TIMUR pada hari Sabtu 30 Juni 2007, di Plaza Padjadjaran, Jatinangor. Menampilkan 4 AM QUARTET, JASS KIDDIN’, DAVID MANUHUTU TRIO, PINEAPPLES, PALM FROM MOODYTUNES dan CRAVE, serta menampilkan bintang tamu IDANG RASJIDI feat. TIWI SHAKUHACHI.
__________

8. Setelah mengalami penundaan 2 minggu, RHAPSODIA JAZZ ACADEMICA Edisi Perdana diselenggarakan pada tanggal 11 Agustus 2007, diselenggarakan di Ruang B1, Fakultas Ekonomi, Universitas Padjadjaran. Acara ini diisi di antaranya dengan; DVD Screening: ”Jazz” Edisi I: ”Gumbo”. besutan Ken Burns, Pertunjukan musik BAMBANG NUGROHO QUARTET, dengan opening act: PINEAPPLES, dan Jazz Talks. bersama pemusik Bambang Nugroho (pianis/saxophonis) & Koordinator KlabJazz dengan tema ”Perkembangan Musik Jazz di Kota Bandung”.
__________

9. Salah satu hal yang bisa diperoleh oleh KlabJazz dengan tajuk BANDUNG JAZZ STATEMENT yang dapat memicu sense of belonging tersebut adalah, bersedianya para pemusik Bandung untuk tampil tanpa mengedepankan “harga main standard” mereka. Ini perlu dipertimbangkan karena dari awalnya RHAPSODIA JAZZ ACADEMICA memang diserahkan sepenuhnya kepada para mahasiswa dan KlabJazz dalam perolehan dananya. Ini terbukti dengan langsung bersedianya 13 (tiga belas) grup Bandung yang bersedia untuk tampil meramaikannya. Mereka yang tampil pada Rhapsodia Jazz Academica II, 5 September 2007 tersebut adalah; BAMBANG NUGROHO QUARTET, IMAM PRAS QUARTET featuring LIA AMALIA, IMEL ROSALIN TRIO, MICHELLE EFFERIN QUARTET, SALAMANDER BIG BAND featuring TULA SAMDJOEN (vokalis paling senior kota Bandung), JAZZ FUTURE PROJECT (menampilkan dua pianis muda berbakat kota Bandung), F.A.K.T.A. featuring TIWI SHAKUHACHI, serta grup-grup jazz-groove/jazz pop; SEKAPUR SIRIH, PALM FROM MOODYTUNES dan 4 PENITI.
..........
Dengan masuknya sponsor utama Pertamina, memungkinkan penyelenggara untuk kemudian menambahkan pada daftar penampil dua kelompok utama dari ibukota; SIMAK DIALOG dan TRIO INDRA LESMANA, PRA BUDIDHARMA & GILANG RAMADHAN.
..........
Khusus untuk para bintang tamu dari Jakarta; simakDialog dan Trio Indra Lesmana, Pra Budidharma & Gilang Ramadhan, pihak management mereka secara tegas MELARANG KERAS PENDOKUMENTASIAN oleh pihak panitia. Sesuatu hal yang patut disayangkan, menimbang pendokumentasian setiap kegiatan jazz Indonesia merupakan suatu usaha yang akan sangat bermanfaat bagi masyarakat jazz generasi berikutnya, dan telah menjadi salahsatu misi dari keberadaan KlabJazz.
__________

10. Jumat, 28 September 2007, SMA 2 menyelenggarakan Jazz Ngabuburit di kompleks sekolah SMA 2 di Jl. Cihampelas. Menampilkan di antaranya, TIWI SHAKUHACHI, 4 AM QUARTET, IMAM PRAS QUARTET dan RMHR. KlabJazz mengutus JASS KIDDIN’ dan SEKAPUR SIRIH untuk berpartisipasi.
__________

11. Atas undangan rekan-rekan panitia Three Decades of JAZZ GOES TO CAMPUS (Celebration of Inspirations), KlabJazz diundang untuk menampilkan sebuah grup dari KlabJazz untuk tampil di acara tersebut pada hari Minggu tanggal 18 November 2007. Menimbang anggaran yang diajukan, KlabJazz mengajukan JAZZ FUTURE PROJECT untuk ditampilkan. Dari rencana awal 45 menit, dua minggu sebelum hari H pihak panitia meralat menjadi 25 menit. Pada pertunjukannya Jazz Future Project hanya 20 menit. Jazz Future Project adalah; David Manuhutu (piano), Yonathan Godjali (piano), Achmad “Opik” Taufik (drum) dan Sonny Susetyo (el. bass).
...........
Salah satu penampilan JAZZ FUTURE PROJECT di Jazz Goes To Campus, “Impression” (John Coltrane) yang dibawakan oleh Yonathan Godjali, Sonny Susetio dan Achmad Taufik, sembilan bulan kemudian dimuat dalam album kompilasi Three Decades of Jazz Goes To Campus (Celebration of Inspirations).
..........
Grup Bandung lainnya yang ditampilkan dalam album tersebut adalah VASSAGIE (UPI) yang dimuat pada urutan track pertama.
__________

12. Setelah mengalami tiga kali penundaan selama enam bulan terakhir, akhirnya penyelenggaraan pertunjukan musik jazz kolektif (“keroyokan”) ARCH JAZZ berhasil diselenggarakan pada tanggal di Student Center ITENAS. Diselenggarakan bersama Himpunan Mahasiswa Arsitektur Institut Teknologi Nasional, merupakan pergelaran pertunjukan musik jazz kolektif di akhir tahun 2007, sekaligus untuk memperingati Dies Natalis HMA ITENAS ke XXII. Di antaranya menampilkan kelompok-kelompok: Etatea [grup jazz bocah 9-15 thn.], YONATHAN GODJALI TRIO [pianis remaja 15 thn], BOP VIVANT [pianis remaja 16 thn.], KARINDING COLLABORATIVE PROJECT [proyek kolaborasi karinding, world music & jazz], VASSAGIE [grup jazz UPI], 4 AM QUARTET [grup jazz Bandung terkini], BAD BOYZ BLUES, H-VOLTAGE [Henky Suparjan & Kang Didin], KAPAS & SO-INTRU-CIAL [grup-grup jazz ITENAS], SINYO-SINYO PARADISE & JAZZYSUNDAY [grup-grup jazz ITB].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails