Selasa, 17 November 2009

Peter Erskine

Share
Peter Erskine
drum
Somers Point, New Jersey, AS, 5-6-1954

Mulai bermain drums di usia 4 tahun. Di usia enam tahun ia sudah bergabung dalam padepokan Stan Kenton National Stage Band hingga tahun-tahun berikutnya, sebelum ia kemudian belajar kepada Alan Dawson, disusul kemudian dengan belajar di Interlochen Arts Academy di Michigan, dan belajar perkusi dengan George Gaber di Indiana Unversity. Tahun 1972 ia mengikuti tur keliling AS, Eropa dan Jepang bersama Stan Kenton Orchestra, sekaligus juga mengajar pada Kenton Clinics.

Namanya mulai dikenal luas ketika ia menjadi anggota tetap kelompok Weather Report bersama-sama Jaco Pastorius di masa yang paling vital dan paling kreatif dari kelompok ini; dari 1978 hingga 1982. Mulai saat ini namanya mulai disegani sekaligus menjadi pusat perhatian dunia musik jazz. Pada tahun 1979, ia pun tercatat merangkap menjadi drummer kelompok Steps bersama-sama Michael Brecker, Eddie Gomez, Mike Mainieri, menggantikan Steve Gadd, kelompok yang kemudian mengubah nama menjadi Steps Ahead dan menjadi salahsatu dari sedikit kelompok yang sukses, baik dari segi komersial maupun dari sisi kreativitasnya.

Setelah ia puas dengan Steps Ahead dan merilis album-album solonya, ia pun turut menutup masa-masa terakhir Weather Update (Weather Report tanpa Wayne Shorter, menyusul keberatan pihak management Shorter atas digunakannya nama Weather Report, tanpa Wayne Shorter turut serta di dalamnya) bersama Joe Zawinul.

Setelah empat tahun bermain dengan Weather Report, ia mulai bermain sebagai "session player". Baik untuk rekaman maupun untuk konser tur, ia tercatat telah bermain dengan, di antaranya; Steley Dan, Chick Corea, Joe Henderson, Freddie Hubbard, Gary Burton & Pat Metheny, Joni Mitchell, Ralph Towner, Sadao Watanabe, Hubert Laws, Vanessa Williams, Al Di Meola, Eliane Elias, Miroslav Vitous, Jan Garbarek, John Abercrombie Trio, Kenny Wheeler Quintet, Bob Mintzer Big Band, bahkan gitaris Indonesia Dewa Budjana. Di samping tentunya dalam proyek-proyek kelompok pribadinya. Bersama John Scofield, Bill Frisell dan Marc Johnson, ia pun sempat bermain dalam bendera Marc Johnson's Bass Desires. Tahun 1999 ia sempat menjadi drummer kelompok Yellowjackets menggantikan William Kennedy.

Di luar itu kegiatan lainnya di antaranya adalah menciptakan karya musik untuk pengiring pertunjukan teater, di antaranya Shakespeare's King Richard II, A Midsummer Night's Dream, Hamlet dan Romeo & Juliet (Los Angeles/Bay Area, California), juga musik dansa teater, di antaranya "History of The Drum - Transition In Rhythm" (Birmingham - Inggris), bahkan untuk film animasi. Belum lagi di dunia pendidikan.

Melalui hasil jajak pendapat, ia pernah dinobatkan oleh majalah Modern Drummer sebagai yang terbaik untuk kategori "Mainstream Jazz Drummer" selama 5(!) tahun berturut-turut.

Peter Erskine yang terakhir tercatat menetap di Southern California bersama Matsuko, istrinya dan kedua anaknya, sempat juga dianugrahi gelar Doktor Kehormatan oleh Berklee College of Music di Boston.

S I T U S W E B : http://www.petererskine.com/

D I S K O G R A F I :
Peter Erskine (Contemporary 1982)
Transition (Denon 1987)
Motion Poet (Denon 1988)
Aurora (Denon 1988)
Sweet Soul (Novus/RCA)
Big Theater (ah um 1990)
You Never Know (ECM 1992)
Time Being (ECM 1993)
As It Is (ECM 1995)
From Kenton to Now (Fuzzy Music 1995)

Behind Closed Doors, Vol. 1 (Fuzzy Music 1998)
Juni (ECM 1999)
Live at Rocco (Fuzzy Music 2000)
Badlands (Fuzzy Music 2002)
Cologne (w/ Bill Dobbins and John Goldsby) (Fuzzy Music 2003)

Bersama Weather Report
(Joe Zawinul, Wayne Shorter, Jaco Pastorius & Peter Erskine)
Mr. Gone (Columbia/Sony 1978)
8:30 (Columbia/Sony 1979)
Night Passage (Columbia/Sony 1980)
Weather Report (Columbia/Sony 1982)

Bersama Steps Ahead
(Mike Mainieri, Michael Brecker, Peter Erskine, Eddie Gomez, Eliane Elias/Don Grolnick)
Steps Ahead (Elektra/Musician 1983)
Modern Times (Elektra/Musician 1984)

Bersama Bass Desires
(John Scofiled, Bill Frisell, Marc Johnson & Peter Erskine)
Marc Johnson's Bass Desires (ECM 1985)
Bass Desires: Seconds Sight (ECM)

Bersama The Lounge Art Ensemble
(Peter Erskine, Dave Carpenter & Bob Shepperd)
Lava Jazz (Fuzzy Music 1998)
Music For Moderns (Fuzzy Music 2005)

Y O U T U B E V I D E O :

Wawancara dengan Bob Barboza dari Kids Talk Radio, LA.


Bersama Peter Erskine, Nguyen Le, Michel Benita Trio, live di Sori Jazz Festival di Genoa, Italia, 19 Juli 2008.


:: Dwi Cahya Yuniman
............................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails