Jumat, 13 November 2009

Catatan Penyelenggaraan Pertunjukan | 2008

Share
1. KlabJazz bekerjasama dengan Rumah Musik Harry Roesli - Bandung kembali menyelenggarakan JAZZ DEPOT III, hari Minggu 24 Februari 2008 di Rumah Musik Harry Roesli, Jl. Supratman. Pergelaran pertunjukan musik jazz kolektif, sekaligus untuk ajang uji coba kelompok-kelompok musik jazz kota Bandung yang menurut rencana akan tampil bermain di Jakarta International Java Jazz Festival 2008. Menampilkan 4 AM QUARTET, JASS KIDDIN’, KARINDING COLLABORATIVE PROJECT, LA BELLE, MR. LAZY, OLEO, PALM FROM MOODYTUNES, dan SEKAPUR SIRIH, kesemuanya menurut rencana akan tampil di Jakarta International Java Jazz Festival 2008. Di samping itu tampil juga BANDEL, RENDEZVOUS, RUMAH MUSIK HARRY ROESLI, SINYO-SINYO PARADISE, dan YONATHAN GODJALI TRIO. Jazz Depot pertama diselenggarakan pada bulan Februari 2006.
__________

2. Untuk kedua kalinya, KlabJazz diundang untuk turut meramaikan perhelatan jazz akbar JAKARTA INTERNATIONAL JAVA JAZZ FESTIVAL. Untuk tahun 2008 ini undangan langsung dilayangkan oleh pihak Java Festival Production. Melebihi tahun sebelumnya, tahun 2008 ini KlabJazz mengikut-sertakan 15 (lima belas) grup jazz/jazzy kota Bandung. Mereka adalah 4 AM QUARTET, BAD BOYZ BLUES, BOB VIVANT, FAKTA, IMEL ROSALIN TRIO, JASSKIDDIN’, KARINDING COLLABORATIVE PROJECT, LA BELLE, MICHELLE EFFERIN QUARTET, MR. LAZY, OLEO, PALM FROM MOODYTUNES, SEKAPUR SIRIH, VASSAGIE dan WHISPER NOT.
__________

3. Sebagai upaya menghidupkan kembali tradisi pertemuan jazz bulanan di Bumi Sangkuriang, bekerja sama dengan pihak Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang, KlabJazz mencoba merintis kembali Jazz Break, kali ini dengan tajuk JAZZ BREAK REVIVAL (JBR). Pada masanya di tahun ‘80an, Jazz Break sempat melahirkan grup-grup dan pemusik jazz handal, di antaranya yang masih bertahan hingga saat ini adalah kelompok Krakatau. Dengan perlengkapan dan tata suara seadanya dari Bumi Sangkuriang, pada hari Rabu 9 April 2008 JBR perdana diselenggarakan dengan menampilkan BOP VIVANT, YONATHAN GODJALI QUARTET dan SEKAPUR SIRIH.
__________

4. Komunitas Jazz ITB tergabung dalam ITJazz menyelenggarakan kembali ITJAZZ LIVE MUSIC ke 2 pada hari Jumat, 25 April 2008. Acara yang diselenggarakan di pelataran selasar Kantin Kebab Laboratorium Teknik ITB ini diramaikan di antaranya oleh Bayu+Tesla, Bye Bye, Dayat Le Gateau, duo Krishnan Muhammad & Tesla Manaf, Mahesa (SMA 2 Bandung) dan bintang tamu utama 4 AM Quartet featuring Riza Arshad.
__________

5. JAZZ BREAK REVIVAL kembali diselenggarakan di Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang pada Rabu, 7 Mei 2008. Kali ini bertema khusus “Special Campus Jazz Talent” dan menampilkan 4 grup berbasis kampus perguruan tinggi; BYE BYE (ITB), MR. LAZY (UNPAR), TANPA MANA (UNPAD) DAN VASSAGIE (UPI).
__________

6. Membantu mitra Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Bandung menyelenggarakan ROAD TO KAMPOENG JAZZ. Diselenggarakan pada hari Minggu, 11 Mei 2008. Tanggal yang sedianya akan dijadikan pementasan Kampoeng Jazz, karena kendala dana terpaksa diundur hingg bulan Oktober. Pada Road To Kampoeng Jazz ini tampil Gilang Ramadhan & Friends dan Soulvibe dari Jakarta, serta grup-grup Bandung yang tengah menaik namanya; 4 AM QUARTET, MR. LAZY dan OLEO. Di samping menghadirkan juga beberapa kelompok pemenang Audisi Kampoeng Jazz.
__________

7. JAZZ BREAK REVIVAL edisi bulan Juni, berkesesuaian dengan usia KlabJazz 4 (empat) tahun, diusung tema 4 QUARTET; 4 AM QUARTET, BAMBANG NUGROHO QUARTET, MICHELLE EFFERIN QUARTET & OLEO. Diselenggarakan pada tanggal 4 Juni 2008. Sempat juga tampil duo eksperimen gitar-keyboard Tesla Manaf & Bayu Kristanto serta jam-session David Manuhutu/keyboard, Hery Wijaya/bass dan Edward Manurung/drums.
..........
Pada penyelenggaraan Jazz Break Revival ke-3 di bulan Juni 2008, KlabJazz sempat mengumumkan partisipan yang tercatat paling banyak tampil dalam acara-acara KlabJazz. Lengkapnya yang tercatat tampil bermain itu adalah:

PARTISIPAN GRUP TERBANYAK
Partisipan Grup Terbanyak dari saat berdirinya KlabJazz ditempati oleh 2 (dua) buah grup, yaitu 4 AM QUARTET dan SEKAPUR SIRIH dengan keikut sertaan sebanyak sama-sama 15 kali.

PARTISIPAN SOLOIS TERBANYAK
Diisi oleh TIWI SHAKUHACHI, sebanyak 15 kali.

PARTISIPAN INDIVIDU AKUMULASI TERBANYAK
RUDY ZULKARNAEN (RUDY ARU) secara keseluruhan, baik tampil dengan nama sendiri mendampingi pemusik muda atau pemusik tamu, bersama Imel & Friends, Imel Rosalin Trio, ARAB, Imam Pras Quartet, Amir Ishak Quartet, dan 4 Peniti tercatat telah bermain sebanyak 47 kali!!!.

KANGGEP KUSUMA secara keseluruhan, baik dengan nama sendiri, dengan Kanggep//Aldhiella, dengan 4 ON 6 Trio/Quintet, Fantastic Four, Domino Combo, dan semua format Bambang Nugroho tercatat bermain sebanyak 36 kali.

ALDHIELLA secara keseluruhan, baik dengan nama sendiri, dengan Kanggep//Aldhiella, dengan Bambang Nugroho Quartet, Doxy ataupun dengan 4 On 6 Quintet, tercatat telah bermain sebanyak 24 kali.

IMEL ROSALIN secara keseluruhan, baik dengan Imel & Friends, Imel Rosalin Trio, dengan Bambang Nugroho & Friends ataupun ataupun dengan nama sendiri, tercatat telah bermain sebanyak 16 kali.
__________

8. JAZZ DEPOT IV di Rumah Musik Harry Roesli, Jl. Supratman 57, kembali diselenggarakan pada tanggal 8 Juni 2008. Mulai edisi ke-empat bulan Juni 2008 ini, setiap penyelenggaraan Jazz Depot di Rumah Musik Harry Roesli, walau tidak mutlak akan dipusatkan pada grup-grup penampil yang sarat dengan muatan unsur kekinian; mulai dari groove, funk hingga fusion. Unsur kekinian ini banyak dianut oleh grup-grup yang banyak di antaranya beranggotakan anak-anak muda; mulai dari siswa SMP hingga mahasiswa perguruan tinggi.
..........
Jazz Depot IV kali ini bekerjasama dengan rekan-rekan mahasiswa FIKOM UNPAD yang memerlukan “kerja praktek” untuk menyelenggarakan sebuah pertunjukan musik (event organizer).
..........
Menampilkan 11 grup, tiga grup pernah tampil sebelumnya di Jazz Depot III; 4 AM QUARTET, GRUP RMHR, dan OLEO, serta grup-grup VASSAGIE, BYE BYE, APPLE PINE, FIND THE KEY, TANPA MANA, RAKABITOR (Jkt.) & JAVALAVA (tiga terakhir adalah mereka yang lolos audisi dari Audisi Kampoeng Jazz, di bulan April tahun ini).
__________

9. Pertemuan ke-4 Jazz Break Revival, 2 Juli 2008 yang bertema “GO GO GROOVE” memberikan kesempatan bermain bagi kelompok-kelompok groove (mungkin merupakan genre yang “masuk” dalam keluarga besar jazz yang bermuatan paling sedikit akan elemen-elemen jazz) yang banyak diminati oleh para generasi muda saat sekarang. Menampilkan empat grup groove jazz Bandung; TANPAMANA, CHALK FOR CHEESE, FIND THE KEY dan COFFEE SHOP. + Presentasi Klip Video groove menampilkan rekaman video dari Candy Dulfer & Captain Mercier.
__________

10. 8 Agustus 2008, menjawab undangan wartajazz.com, untuk turut meramaikan ulangtahun situs web wartajazz.com ke-8 yang bertajuk CELEBR8YEARS 080808, KlabJazz mengirim BAYU+TESLA untuk tampil bermain di Café Au Lait, Cikini – Jakarta.
__________

11. 17 Agustus 2008, KlabJazz membantu penyelenggaraan SABUGA JAZZFEST FOR FREEDOM 2008 yang digagas oleh lembaga mitra Jendela Ide dan Sabuga, di Sasana Budaya Ganesha. Menggulirkan Kompetisi Jazz Tingkat SMA yang diikuti (sayangnya) hanya oleh 4 grup peserta; CONTRASS, STEREOTITUDE, INSPIRATION & MAHESA. Juga menampilkan DAVID MANUHUTU TRIO, 4 AM TRIO, IMEL ROSALIN, saratus persen, ORCHID BLUE NOTE dan KARINDING COLLABORATIVE PROJECT dari Bandung, serta pemusik-pemusik luar Bandung; RIZA ARSHAD & FRIENDS, AGAM HAMZAH feat. ADI (Jakarta), KOKO HARSOE & FRIENDS (Bali), AGUNG PRASETYO QUARTET (Yogya) dan IRWANSYAH (Medan) feat. SLAMET GUNDONO (Solo).
__________

12. 22 Agustus 2008, KlabJazz menjawab undangan KONSORSIUM PESANTREN INDONESIA dalam penyelenggaraan Pameran Pesantren Se-Indonesia di lapangan Gasibu – Bandung dengan mengisi panggung hiburannya dengan kelompok-kelompok 4 AM TRIO, APPLEPINE, BAYU+TESLA, BOP VIVANT, OLEO, dan STEREOTITUDE.
__________

13. 24 Agustus 2008, KlabJazz diundang Café Halaman, Jl. Tamansari – Bandung untuk meramaikan Jazz Kemerdekaan INDEPENDENCE GEN dengan menampilkan BAYU+TESLA, BOP VIVANT dan 4 AM TRIO, dengan bintang tamu dari Jakarta ARI FUNK ME GROOVOLOGY dan HARRY TOLEDO & COMMUNITY.
__________

14. 29 Agustus 2008, membantu rekan-rekan Komunitas Gerbang Unpad Jatinangor menyelenggarakan SOLID SOUL OF JAZZ, diselenggarakan di Baraya Convention Center, Jatinangor Town Square – Sumedang. Di samping bintang tamu ADRIAN ADIOETOMO dari Jakarta, tampil pula grup-grup dari KlabJazz; 4 AM TRIO, BAYU+TESLA, BOP VIVANT, CHALK FOR CHEESE, PALM FROM MOODYTUNES dan ANDI DANIAL. Tampil pula grup-grup berbasis kampus; PASTEL, ADIT & THE EXPERIENCE BOYS dan INI KAMI.
__________

15. 19 September, KlabJazz membantu rekan-rekan di Kampoeng Jazz yang merupakan “proyek program penyelenggaraan kegiatan bermusik jazz” rekan-rekan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, dalam penyelenggaraan JAZZ RAMADHAN; Joyful Jazz for Joyful Month di Lapangan Parkir Utara kampus Unpad Dipati Ukur. Tampil pada acara ini APPLEPINE, BAD BOYZ BLUES, BAYU+TESLA, BOP VIVANT, JAVALAVA, RAKABITOR, dan TANPAMANA. Pada kesempatan ini Bayu+Tesla, Bop Vivant dan beberapa grup lainnya sempat diwawancarai oleh apa yang kemudian ternyata merupakan media jazz virtual jazzuality.com.
__________

16. 21 September, KlabJazz merintis kerjasama dengan lembaga cerahati creative center dengan menjawab secara spontan undangan mereka (walau diajukan dalam kurun waktu 2 [dua] hari), dengan mengutus BAYU+TESLA tampil dalam program cerahati YOUTH JAZZ ON THE WEEKEND di 18th Park, Jl. L. L. R. E. Martadinata 18, Bandung. Program yang diselenggarakan di tengah-tengah bulan Ramadhan ini (bertema Jazz for Ramadhan), walau bersekala kecil (di lingkungan kompleks pertokoan distro), namun tempat yang sarat dikunjungi oleh remaja setara Sekolah menengah Atas ini merupakan salah satu tempat sasaran dari Misi KlabJazz mensosialisasikan musik jazz ke lingkungan “baru”. Pada kesempatan ini tampil juga Bad Boyz Blues dan Under My Pillow.
__________

17. 17 Oktober, komunitas jazz Institut Teknologi Bandung, ITJazz kembali menyelenggarakan ITJazz LIVE MUSIC 3 di Selasar Kantin Kebab Labtek Biru ITB. Tampil pada kesempatan ini kelompok bentukan baru SONNY AKBAR TRIO, dan grup-grup berafiliasi ITB; SEKAPUR SIRIH dan BEMS. SMA 2 kembali mengutus MAHESA untuk kembali tampil. Di penghujung acara, sebagai kejutan tak teragendakan, tampil vokalis SYAHARANI menyanyikan “Summertime” diiringi oleh para pemusik muda; Sonny Akbar – keyboard, Gega – bass, Lukman Agus – drums dan Bayu Kristanto – pianica. Syaharani hadir bersama Koordinator Utama Klab Jazz sebagai bagian dari memperlihatkan kegiatan bermusik jazz di kota Bandung. Sehari sebelumnya Syaharani, Koordinator KlabJazz, rekan-rekan ITJazz dan aktivis KlabJazz lainnya bertemu satu sama lain dalam acara 2nd Anniversary of Salamander Big Band concert di Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang.
__________

18. 23 Oktober, bekerjasama dengan rekan-rekan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Jatinangor, KlabJazz menyelenggarakan JATINANGOR JAZZ EVENT di Lapangan Kopma Universitas Padjadjaran Jatinangor. Pada kesempatan ini tampil 4 AM QUARTET, BAYU+TESLA, BOP VIVANT, CONTRA INDIGO, PSYCHOLOGY PERFORMANCE, SEKAPUR SIRIH dan SYAHARANI AND THE QUEENFIREWORKS sebagai bintang tamu dari Jakarta. Sore harinya diselenggarakan juga Kompetisi Jazz dengan Koordinator Utama KlabJazz, Imam Pras dan Venche Manuhutu tampil sebagai juri. Pada kesempatan ini sayangnya masih diikuti oleh sedikit peserta (4 peserta dari 7 yang mendaftar).
__________

19. 5 November, meneruskan pertemuan bulanan di Bumi Sangkuriang, KlabJazz kembali menyelenggarakan JAZZ BREAK REVIVAL V. Di tengah keragu-raguan KlabJazz untuk meneruskan acara bulanan ini (prasarana yang masih dinilai kurang memadai untuk suatu penyelenggaraan pertunjukan musik jazz yang ideal, hal mana berujung pada undangan pengisi acara yang dinilai mendadak dan ketiadaan peran serta mitra radio), Jazz Break Revival bulan November ini berlangsung sukses, walau hanya mengandalkan undangan “media baru” facebook. SONNY AKBAR TRIO, BUY 3 GET 4, TAXI dan FIND THE KEY tampil cukup sempurna. Walau tiga nama pertama boleh dikatakan nama-nama baru dalam khasanah musik jazz kota Bandung, namun penampilan mereka sangat menjanjikan untuk bisa meramaikan khasanah musik jazz kota Bandung dan Indonesia.
__________

20. 8 November, membantu meramaikan penyelenggaraan JAKJAZZ FEVER di Mal Paris van Java, dengan merekomendasikan grup-grup untuk kompetisi; Find The Key & Taxi, setelah melalui upaya sendiri telah tercatat juga OLEO dan LA BELLE. Serta menyumbang grup-grup 4 AM QUARTET, BAYU+TESLA dan STEREOTITUDE untuk tampil di panggung menambahkan daftar pemain selain SYAHARANI & THE QUEENFIREWORKS, TOMPI & GROOVOLOGY dan pemusik-pemusik senior; IRENG MAULANA, IDANG RASJIDI, BENNY LIKUMAHUWA dan MARGIE SEGERS.
__________

21. 23 November, memenuhi permintaan rekan-rekan panitia, KlabJazz mengutus grup-grup SEKAPUR SIRIH dan SONNY AKBAR TRIO untuk tampil bermain pada acara tahunan JAZZ GOES TO CAMPUS Ke-31 di Kampus Universitas Indonesia, Depok. Pada kesempatan ini BUY 3 GET 4, kelompok baru yang khusus dibentuk untuk uji kemampuan diri para personilnya dengan mengikuti 31th Jazz Goes To Campus’ Jazz Competition dan berhasil meraih posisi juara ke-2, tampil juga bermain. Grup Bandung lainnya yang juga tampil adalah IMAM PRAS QUARTET feat. AMALIA. [Karena satu dan lain hal SEKAPUR SIRIH urung tampil dan sebagai gantinya tampil duo BAYU+TESLA, yang kebetulan para personilnya ada di tempat untuk bermain bersama dua kelompok lain yang berbeda].
__________

22. 29 & 30 November 2008. KlabJazz, setelah sempat akan ditampilkan pada acara JakJazz tahun 2007 namun urung, akhirnya tahun ini mengutus 3 (tiga) kelompok untuk turut meramaikan ajang “Celebrating The 10th Edition, A Whole Lotta Jazz” JAKJAZZ FESTIVAL 2008. Mereka adalah SEKAPUR SIRIH, APPLEPINE dan RAKABITOR. Yang terakhir ini adalah kelompok asal Jakarta yang ditemui KlabJazz pada sebuah audisi di Bandung, dan telah beberapa kali ditampilkan oleh KlabJazz di Bandung. Di samping tampil juga “grup KlabJazz” LA BELLE, yang lolos bermain setelah mengikuti New Breed Competition di JakJazz Fever minggu-minggu sebelumnya.
__________

23. 3 Desember 2008, JAZZ BREAK REVIVAL kembali diselenggarakan, untuk pertemuan ke VI ini ditampilkan SONNY AKBAR TRIO, BUY 3 GET 4, dan BEMS (LA BELLE yang sebelumnya direncakan akan tampil, urung karena salah seorang personilnya jatuh sakit). Untuk kesekian kalinya rekan-rekan dari jazzuality.com hadir meliput dan memberikan reportase positif pada media net mereka.
__________

24. 14 Desember 2008, KlabJazz kembali membantu rekan-rekan dari cerahati creative center, kali ini dalam agenda mereka TAHURA GREEN FESTIVAL ‘Save Our Generation’ dengan kembali mengutus BAYU+TESLA untuk turut tampil meramaikan acara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails