Jumat, 13 November 2009

Sarasehan & Lokakarya

Share
1. Rabu, 1 September 2004. Program Klinik Gitar Jazz bersama Krishnan Muhamad mulai diselenggarakan. Klinik hanya sempat berjalan selama 4 pertemuan.
___________

Berawal dari ide mitra KlabJazz, Marintan Sirait, dosen pengajar Estetika pada Jurusan Filsafat Universitas Parahyangan, yang menugaskan para anak didiknya untuk membuat makalah kecil perihal kegiatan seni dan budaya yang salahsatunya perihal musik jazz, diselenggarakanlah Kelas Jazz di bawah ini selama bulan September 2004. Tampil sebagai pembicara Sudibyo PR (alm.), Bung Reza dari Common Room dan Koordinator KlabJazz.
..........

2. 5 September 2004. Kelas Jazz bersama (alm.) Sudibyo PR mengangkat tema “Estetika Dalam Musik Jazz; Dari Ragtime, New Orleans hingga Swing”.

3. 12 September 2004. Kelas Jazz bersama Sudibyo PR mengangkat tema “Era Pra Jazz; Dari Be Bop, Cool hingga Hard Bop.”

4. 19 September 2004. Kelas Jazz bersama Sudibyo PR mengangkat tema “Era Jazz Klassik; Dari Be Bop, Cool hingga Hard Bop.”

5. 26 September 2004. Kelas Jazz kali ini menampilkan bung Reza mengangkat tema “Era Jazz Modern; Dari Jazz Rock, Post Bop/Neo Be Bop hingga Smooth Jazz”.
___________

6. Pada pertemuan KlabJazz ke-22, hari Minggu tgl. 10 Oktober 2004, dengan tema SOROT INSTRUMEN: DOUBLE DOUBLE BASS, KlabJazz khusus mengundang bassis Rudy Aru dan Hery Wijaya untuk tampil memeragakan instrumennya melengkapi uraian sejarah penggunaan instrumen jazz dari masa ke masa. Walau Hery Wijay tidak hadir, tampil drummer Henky, saxophonis Boyke dan gitaris Yudi meramaikan.
___________

7. 18 Februari 2006, JAZZIN’ THE SKY: LOV’A’JAZZ diselenggarakan bersama Sky FM 9050 dan Planet BizCafé, yang di samping menampilkan pertunjukan live music, juga diselenggarakan sarasehan “Jazz Art & Photography” bersama para narasumber Hari Pochang & Dedy Siswandi (Jazz dan Fotografi) dan R. E. Hartanto (Jazz dan Seni Rupa), dengan Koordinator Utama KlabJazz bertindak sebagai moderator.
___________

8. 30 Mei 2006, Koordinator KlabJazz diundang menjadi narasumber pada Seminar dan Workshop Jazz di Saung Budaya Sumedang, Jatinangor, yang merupakan bagian dari rangkaian acara MUSICATALOGUE 2006, bersama saxophonis Boyke Priyo Utomo. Diselenggarakan oleh Komunitas Musik Fikom Universitas Padjadjaran – Jatinangor. Malamnya untuk penampilan slot musiknya KlabJazz mengutus 4AM QUARTET.
___________

9. 20 Oktober 2006. KlabJazz diundang pada acara “Jan Cornall Singing Srengenge”, menampilkan penyair/pelantun Australia JAN CORNAL mencoba membawakan musikalisasi jazz puisi-puisi penyair Sitok Srengenge, bersama pianis IMEL ROSALIN, tampil pula penyair/aktor Iman Soleh dan Evie Sri Rezeki pada dramatisasi beberapa karya. Diselenggarakan di Opulence Lounge, Jl. Ir. H. Juanda 145.
___________

10. Minggu, 21 Januari 2007, bekerjasama dengan Potluck coffee bar & library menyelenggarakan SUNDAY JAZZ POT, menampilkan 4 ON 6 QUINTET, GORGA & DYLAN, PINEAPPLE, TRIO SCADE & LA BELLE. Acara diawali dengan Diskusi “Jazz Di Kota Bandung” bersama Koordinator KlabJazz dan Yong(ky) Nusantara.
___________

11. 30 Juni 2007, meramaikan JAZZ UJUNG TIMUR di Jatinangor, Jazz Talks disisipkan di antara pertunjukan musik. Tampil sebagai pembicara Koordinator Utama Klab Jazz dan pianis Idang Rasjidi.
___________

12. RHAPSODIA JAZZ ACADEMICA Edisi Perdana diselenggarakan pada tanggal 11 Agustus 2007, diselenggarakan di Ruang B1, Fakultas Ekonomi, Universitas Padjadjaran Acara ini diisi di antaranya kembali denganJazz Talks, kali ini bersama pemusik Bambang Nugroho (pianis/saxophonis) & Koordinator KlabJazz dengan tema ”Perkembangan Musik Jazz di Kota Bandung”.
___________

13. Koordinator KlabJazz diundang untuk hadir sebagai pembicara pada acara Jazz Talk Chillin’ Out Session di Aula Barat Institut Teknologi Bandung, pada hari Jumat 31 Agustus 2007. Acara ini diselenggarakan oleh 8 EH Radio ITB 108 FM.
___________

14. Atas undangan wartajazz.com, Koordinator KlabJazz menjadi narasumber pada acara “DjiSamSoe Super Premium JakJazz 2007 ‘Paint The Town Jazz’ Jazz Dialogue” sebagai bagian dari acara pre event JakJazz 2007 di Black Cat café Jakarta, bertema “Jazz Community In Indonesia” pada tanggal 2 November 2007. Pada dialog jazz ini tampil juga Beben Supendi dari Komunitas Jazz Kemayoran dan Benny Sofwan dari radio CNJ 99.9 FM, Jakarta, mewakili wartawan.
___________

15. KlabJazz kembali menjadi narasumber pada acara Jazz Dialogue ( “DjiSamSoe Super Premium JakJazz 2007 ‘Paint The Town Jazz’ Jazz Dialogue) yang diselenggarakan oleh wartajazz.com dan djisamsoe di The Cellar pada hari Jumat tanggal 16 November 2007. Dialog yang diselenggarakan dalam rangkaian pra acara JakJazz 2007 ini menampilkan Imel Rosalin, pianis dan vokalis jazz, dan Nazar Noe’man, pemilik radio KLCBS. Tema yang diusung adalah “What Is Jazz?”.
___________

16. 30 November 2007, rekan-rekan komunitas jazz ITB yang tergabung dalam ITJazz menyelenggarakan Dialog Jazz Terbuka di Kantin Bengkok ITB. Tema yang diusung masih meneruskan Dialog Jazz What Is Jazz?. Koordinator KlabJazz dan Imel Rosalin (yang juga merupakan alumnus ITB) tampil kembali.
___________

17. Pada penyelenggaraan ARCH JAZZ pada tanggal 22 Desember 2007 di Student Center ITENAS, ditampilkan juga Dialog Jazz: “Apa Itu Jazz?”. Koordinator KlabJazz & Imel Rosalin kembali tampil sebagai pembicara. Diselenggarakan bersama Himpunan Mahasiswa Arsitektur Institut Teknologi Nasional.
___________

18. Dalam rangka menjawab keinginan rekan-rekan mahasiswa UNPAD yang tergabung dalam UNPAD AJOU STUDENTS EXCHANGE PROGRAM 2008, untuk membawa mahasiswa-mahasiswa Ajou University, Korea untuk “Mengunjungi KlabJazz”, dan menimbang sejak akhir tahun 2006 KlabJazz secara resmi tidak memiliki tempat yang permanen, bekerjasama dengan Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang, KlabJazz menyelenggarakan KLABJAZZ EXPOSITION pada tanggal 16 Juli 2008. Dalam kesempatan ini para tamu mahasiswa dari Korea yang ditemani rekan-rekan mereka dari Universitas Padjadjaran ini diuraikan dan dipertunjukan sejarah perkembangan KlabJazz dengan segala kegiatannya yang dipresentasikan dalam sebuah rangkaian poster yang dipamerkan dalam 12 panel berukuran 1.4 x 1.4 m dengan keterangan diberikan langsung oleh Koordinator KlabJazz. Untuk melengkapinya ditampilkan juga duo gitar-keyboard BAYU+TESLA (runner up Espose Jazz Competition 2008) serta gitaris senior KANGGEP KUSUMA mengiringi dua orang vokalis pendatang baru; GRACE SAHERTIAN (vokalis kelompok Palm From Moodytunes) dan TRIANZANI SULSHI (vokalis kelompok Chalk For Cheese).
___________

19. Membantu rekan-rekan dari Marching Band Waditra Ganesha menjadi narasumber dalam acara TALK SHOW PRA EVENT ITB BIG BAND CONCERT 2008, bersama-sama Devy Ferdianto (conductor Salamander Big Band), dan Mikhail Martin (Ketua ITJazz) pada 10 November di Lapangan Basket Institut Teknologi Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails