Jumat, 13 November 2009

Catatan Penyelenggaraan Pertunjukan | 2009

Share
1. Tahun 2009 ini kegiatan Klab Jazz kembali dibuka dengan melanjutkan pertemuan Jazz Break Revival di Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang, kali ini untuk sesi ke VII yang diselenggarakan pada tanggal 7 Januari 2009, menampilkan La Belle, New Season, Palm From Moodytunes, dan 4 AM Trio. New Season adalah sebuah kelompok asal Jakarta yang telah menjuarai kompetisi jazz Jazz Goes To Campus 2008. Di ujung acara dua personil 4AM Quartet dan dua personil New Season mencoba bermain bersama pada sebuah karya standard.
__________

2. Kehadiran New Season asal Jakarta dan liputan (dalam hal ini) jazzuality.com pada Jazz Break Revival sebelumnya sepertinya menjadikan Jazz Break Revival menjadi ajang yang diminati oleh para pemusik jazz Jakarta lainnya. Jazz Break Revival ke VIII yang diselenggarakan pada 4 Februari 2009 selain diisi oleh grup-grup lokal Bandung seperti kelompok post bop Sonny Akbar Quartet dan kelompok pop jazzy Chalk For Cheese, diisi pula oleh trio jazz-rock, proyekan baru gitaris Tesla Manaf Effendi dengan teman-teman pemusiknya asal Bekasi; Tritoones, dan grupnya pianis senior asal Jakarta Glen Dauna dengan Glen Dauna Projectnya; Glen Dauna – piano, Jeffrey Tahalele – bass, Kadek Rihardika – gitar, Sandy Winarta – drums dan Indra Artie Dauna – trumpet.
__________

3. Kerjasama KlabJazz dengan para mitra penyelenggara pertunjukan sejak tahun 2004 telah banyak melibatkan lembaga-lembaga lain, baik itu lembaga musik, lembaga seni pada umumnya, lembaga pendidikan ataupun rumah-rumah hiburan. Namun di pertengahan bulan Februari 2009 ini KlabJazz untuk pertama kalinya bekerjasama dengan sebuah lembaga rumah sakit. Melinda Hospital memang bukan hanya sebuah rumah sakit dalam pengertian umum, tetapi merupakan lembaga rumah sakit bersalin yang dalam struktur organisasinya terdapat apa yang disebut “Art and Culture Departement”. Di tempat inilah, atas prakarsa rekan ‘sound engineer’ Klab Jazz Ibrahim Aliluddin, pada tanggal 13 Februari 2009 KlabJazz untuk pertama kalinya menyelenggarakan pertunjukan musik jazz di sebuah rumah sakit. Grand Jazz Valentine diselenggarakan untuk memberikan sajian hiburan seni alternatif bagi para pengunjung atau pasien rumahsakitnya. Menampilkan Imelda Rosalin Trio (bersama Rudy Zulkarnaen – bass akustik, dan Edward Prasetya – gitar) dan Michelle Efferin Trio serta untuk ketiga kalinya (setelah Jazz Aid di awal Februari 2005 dan jazz Future Project di pertengahan 2007, panggung KlabJazz dilengkapi dengan 2 (dua) baby grand piano.
__________

4. Untuk memberi kesempatan gladi resik penuh bagi kelompok-kelompok musik jazz Bandung yang akan tampil di Jakarta International Java Jazz Festival 2009, KlabJazz menggelar Road To Java Jazz. Diselenggarakan dua kali di dua tempat; 1 Maret 2009 diselenggarakan di Be Mall, menampilkan grup-grup Chalk For Cheese, Bayu+Tesla, La Belle, Oleo, Palm From Moodytunes, Sekapur Sirih. Dan tanggal 4 Maret 2009 diselenggarakan di Ruang Concordia, Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang, menampilkan Applepines, Buy 3 Get 4, David Manuhutu Trio, Imelda Rosalin Quintet, Michelle Efferin Quartet, Salamander Big Band, dan Tri'toones. Yang terakhir ini menggunakan slot waktu program reguler Jazz Break Revival (Pertemuan IX).
__________

5. Jakarta International Java Jazz Festival 2009 untuk tahun 2009 ini kembali diselenggarakan pada tanggal 6, 7 dan 8 Maret 2009. 14 (empat belas) grup tampil selama tiga hari tersebut mewakili KlabJazz di panggung yang khusus disediakan untuk para talent yang disalurkan oleh KlabJazz. Tampil pada kesempatan ini Applepine, Bayu+Tesla, Buy 3 Get 4, Chalk For Cheese, Fakta feat. Otep, Imelda Rosalin Trio feat. Arina ‘Mocca’, La Belle, Michelle Efferin Quartet feat. Fora, Mr. Lazy, New Season, Oleo, Palm From Moodytunes, Sekapur Sirih, dan Sonny Akbar Quartet.
__________

6. Jazz Break Revival X, 1 April 2009, menampilkan Sonny Akbar Trio, Bayu + Tesla, Krishnan Muhammad Project, Oleo, Bop Vivant, dan grup asal Unpad, Groovylosophy. Masih diselenggarakan di Ruang Concordia, Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang.
__________

7. Melalui rekan ‘sound enginneer’ Klab Jazz; Ibrahim Aliluddin (Ibam), Klab Jazz diundang untuk tampil bermain di acara reguler jazz mingguan Margo Friday Jazz di Mall Margo City, Depok. Klab Jazz tampil pada tanggal 17 April 2009, dengan menampilkan Bayu+Tesla, Bop Vivant, New Season, Oleo dan Sonny Akbar Quartet.
__________

8. Menyusul keberhasilan penyelenggaraan Grand Jazz Valentine di bulan Februari, pada tanggal 23 April 2009, Klab Jazz kembali bekerjasama dengan Melinda Hospital, kali dalam penyelenggaraan Grand Jazz Kartini. Sebuah program konsep untuk merayakan hari Kartini dengan menampilkan karya-karya yang sesuai untuk dipersembahkan kepada kaum perempuan. Tampil pada kesempatan ini Imelda Rosalin & Friends; Imelda, Rudy Zulkarnaen, Michelle Efferin, Heru Satwa, Boyke Priyo Utomo, Ammy Kurniawan, Nenden Shintawati dan Arina Mocca. Masih diselenggarakan di Melinda Hospital, di Jalan Pajajaran, Bandung.
__________

9. Jazz Break Revival XI, 6 Mei 2009, menampilkan Boyke Priyo Utomo Project , Farah Di (diiringi oleh Glen Dauna – piano, Jeffrey Tahalele – bass, Cendy Luntungan – drums, Arief Setiadi – saxophone, dan Kadek Rihardika – gitar), Kanggep//Aldhiella, Notturno, dan Tiwi Shakuhachi. Farah Di dan Notturno merupakan bintang tamu dari Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails