Selasa, 16 Februari 2010

Roy Hargrove

Share
Roy Anthony Hargrove
trompet
Waco, Texas, AS, 16-10-1969

Pernah dijuluki anak 'hard bop' ajaib. Pertama kali tampil ke permukaan pada tahun 1987 ketika ia diajak untuk bergabung kelompoknya Wynton Marsalis. Wynton pertama kali menyaksikan trompetis remaja berusia 17 tahun, yang konon mempunyai 'sound' kombinasi trompetis legendaris Clifford Brown dan Freddie Hubbard ini pada saat Hargrove bermain di SMA Booker T. Washington di kota Dallas, Texas. Wynton langsung mengajaknya serta dalam tur Caravan of Dreams-nya di klub Fort Worth. Tidak lama kemudian ia pun melanglang buana bersama Wynton, di antaranya tampil di North Sea Jazz Festival, di musim panas 1987.

Pendeknya ia mulai banyak mendengar, menghayati kehidupan, bertukar pendapat dan sekali kali tukar menukar pengetahuan bersama musisi musisi jazz ternama, di antaranya bersama peniup alto Bobby Watson.



Roy Hargrove adalah jebolan sekolah musik Berklee College of Music berkat hadiah bea siswa senilai $5.000 yang diperolehnya melalui program Musicfest U.S.A 1987 (tercatat juga nama nama pianis/organis Joey DeFrancesco dan bassist Christian McBride sebagai pemenangnya) yang diselenggarakan oleh majalah jazz Down Beat dimana ia hadir mewakili SMAnya, SMA Arts Magnet, di Dallas, Texas. Ia pun menerima "Student Music Award" sebagai solois terbaik dari majalah Down Beat tahun sebelumnya. Disusul kemudian dari New School's Jazz and Contemporary Music Program di kota New York.

Roy Hargrove merilis album solo perdananya pada tahun 1990 dengan Diamond in the Rough melalui perusahaan rekam Novus. Di antaranya ia dibantu oleh sesama macan macan muda, baik jebolan grupnya Wynton maupun grupnya mendiang drummer akbar, Art Blakey bersama The Messenger-nya seperti peniup alto Antonio Hart, pianis Geoffrey Keezer, bassit Charles Fambrough, di samping tampil juga para pejazz senior seperti pianis John Hicks dan drummer
Al Foster.

Pada tahun 1992 Hargrove mendirikan sebuah quintet. Awalnya bersama altois Antonio Hart tidak lama kemudian digantikan Justin Robinson yang mantan The Harper Brothers, dan kemudian digantikan Ron Blake, yang lainnya adalah pianis Marc Cary, bassist Rodney Whitaker dan drummer Gregory Hutchinson. Salahsatu album yang sempat ia rilis, di antaranya The Tenors of Our Time pada tahun 1994, dimana ia tampil bersama lima jawara peniup tenor; Joe Henderson, John Griffin, Stanley Turrentine, Joshua Redman dan Branford Marsalis.



Seperti rekan seusianya, Christian McBride, yang bereksperimen dengan musik pop elektrik, Roy Hargrove pun mendirikan The RH Factor. Kelompok yang seperti dilakukan oleh trumpetis senior Miles Davis, berhasil melebarkan namanya ke dunia musik non jazz. Di luar bebop, ia pun tercatat pernah menyumbangkan permainannya untuk album-album Eryka Badu dan D'Angelo.
:: ROY HARGROVE PHOTO BY LARRY FAVRIOT

D I S K O G R A F I :
Sebagai Leader:
1. Diamond in the Rough (Novus, 1989)
2. Public Eye (Novus, 1990)
3. Tokyo Sessions (Novus, 1991)
4. The Vibe (Novus, 1992)
5. Of Kindred Souls (Live) (Novus, 1993)
6. With the Tenors of Our Time (Verve, 1994)
7. Approaching Standards (Jive/Novus, 1994)
8. Family (Verve, 1995)
9. Parker's Mood Trio b/ Christian McBride (bass), dan Stephen Scott (piano)(Verve, 1995)
10. Crisol: Habana (Verve, 1997)
11. Moment to Moment (Verve, 2000)
12. Nothing Serious The Roy Hargrove Quintet (Verve, 2006)
13. Ear Food [The Roy Hargrove Quintet] (Emarcy, 2008)
14. Emergence [The Roy Hargrove Big Band] (Emarcy, 2009)
b/ RH Factor
1. 2003: Hard Groove (Verve) [1]
2. 2004: Strength (Verve)
3. 2006: Distractions (Verve)

:: Dwi Cahya Yuniman
..............................
..............................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails